Tantangan Sekretaris
Di era globalisasi dan perekonomian yang kian maju, pekerjaan sekretaris juga memiliki beberapa tantangan baru. Tantangan sekretaris
adalah sebuah keadaan dimana pekerjaan sekretaris membutuhkan
peningkatan skill dan inisiatif untuk menyelesaikan
permasalahan-permasalahan yang setiap saat dapat muncul. Tantangan sekretaris merupakan hal yang menghambat pekerjaan seorang sekretaris. Maka dari itu, seorang sekretaris harus dapat menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut dan berani menghadapi tantangan sekretaris yang terus berdatangan.
Merupakan suatu kewajiban apabila saat ini seorang sekretaris di tuntut memiliki sikap yang cekatan dan terampil. Karena kedua sikap tersebut adalah sikap yang paling dibutuhkan dalam menghadapi tantangan sekretaris
yang kian beragam. Dengan adanya sikap tersebut, seorang sekretaris
akan lebih mampu dalam menghadapi tantangan serta menyelesaikan
permasalahan-permasalahan yang muncul.
Macam-macam Tantangan Sekretaris
Lalu apa saja tantangan seorang sekretaris yang biasanya dihadapi dalam dunia kerja? Berikut ini terdapat beberapa contoh tantangan sekretaris yang sering muncul dalam pekerjaan, yaitu sebagai berikut :
1. Memiliki Wawasan tentang Perusahaan
Sangat
penting untuk memahami tentang seluk beluk perusahaan tempat bekerja.
Serta langkah baiknya apabila juga mengetahui tentang latar belakang,
sejarah, dan bahkan pendiri, pemilik, pengurus, serta pemegang saham
perusahaan. Dengan lebih mengetahui dan memahami semua aspek tentang
perusahaan, maka seseorang akan lebih memahami tentang visi dan
goal-goal yang ingin dicapai oleh perusahaan. Kemudian, seorang
sekretaris akan dapat semakin mudah memposisikan dirinya dalam pekerjaan
dengan cara menyesuaikan kemampuannya dengan bidang yang harus
digeluti. Tantangan sekretaris
ini akan membuat seorang sekretaris dapat mengukur kemampuan kerja
serta kompetensinya di perusahaan tersebut. Tantangan ini bisa diubah
menjadi sebuah motivasi untuk berubah menjadi semakin baik dan
kompetitif.
2. Memiliki Wawasan tentang Produk-Produk Perusahaan
Tidak hanya di bidang marketing, seorang sekretaris juga memiliki tantangan untuk lebih mengenal produk-produk perusahaan. Tantangan sekretaris
ini mencakup kewajiban untuk mengenal dan mengerti tentang
produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan tempat bekerja. Dengan
lebih mengenal produk tersebut, maka seorang sekretaris akan semakin
mahir dalam hal pemasarannya. Seorang sekretaris dituntut untuk memiliki
pengetahuan dan wawasan yang luas tentang segala hal. Dan pengetahuan
tentang produk-produk perusahaan ini akan sangat membantu ketika
perusahaan sedang mengadakan meeting-meeting eksternal, serta kerjasama
dengan partner dan perusahaan lainnya.
3. Mengetahui Rekan Bisnis serta Kompetitior Perusahaan
Setelah
mengenal perusahaan tempat bekerja serta produk-produk perusahaan
tersebut, maka akan lebih baik apabila seorang sekretaris juga
mengetahui tentang keseluruhan rekanan bisnis dan partner kerjasama yang
dilakukan oleh perusahaan. Selain itu, sangat penting juga untuk
memiliki pengetahuan tentang kompetitor-kompetitor perusahaan. Hal ini
akan menjadikan seorang sekretaris lebih cakap dalam bekerja serta lebih
mampu memposisikan diri dalam bersikap kepada rekan bisnis maupun
kepada kompetitor. Tantangan sekretaris
yang satu ini akan membuat perusahaan semakin maju dengan
masukan-masukan serta evaluasi. Karena dengan mengenal kawan dan lawan,
perusahaan akan semakin termotivasi untuk memperbaiki diri menjadi lebih
baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar