Fungsi-Fungsi Manajemen Perkantoran
Dalam upaya mengatur sesuatu umumnya kegiatan atau fugsi
yang pertama kali harus dilakukan adalah:
1.
Perencanaan ( Pleanning)
2.
Pengorganisasian ( organizing)
3.
Pengarahan ( Actuating)
4.
Pengawasan (controlling) keempat fungsi pokok
tersebut biasanya disingkat sebagai
POAC.
Berikut adalah penjelasan fungsi-fungsi manajemen:
1. Perencanaan ( Pleanning) : Dalam Perencanaan, seseorang menentukan
sasaran yang ingin dicapai, tindakan
yang harus dilaksanakan, bentuk organisasi yang tepat untuk mencapainya. Dan orang- orang yang Bertangungjawab terhadap kegiatan yang akan
dilaksnakan . tujuan fungsi perencanaan:
1. Mengurangi/ mengimbangi ketidakpastian dan perubahan di waktu yang
akan datang.
2. Memusatkan perhatian kepada
sasaran
3. Mendapatkan / menjamin proses
pencapaian tujuan terlaksana secara economis.
4. Memudahkan pengawasan.
2. Fungsi Pengorganisasian: Organisasi tumbuh dari kebutuhan
manusia untuk bekerja sama pengorganisasian
(organizing) adalah : penetapan struktur
peran-peran melalui penentuan aktivitas
yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan
perusahaan dan bagian-bagianya, pengelompokka aktivitas2 penugasan
kelompok- kelompok aktivitas kepada para menejer pendelegasian wewenan utuk
melaksanakanya , pengkoordinasian hubungan wewenang dan informasi baik horizontal maupun vertikal
dalam struktur organiasasi.
3. Fungsi memimpin atau mengarahkan:
Memimpin/leding adalah: seni atau proses mempengaruhi dan
mengarahkan orang lain agar mereka mau berusaha untuk mencapai tujuan yang
hendak dicapai oleh kelompok. Oleh sebab itu seorang menejer harus memotivasi
bawahanya agar mau melaksanakan tugasnya dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar